Lakukan Cara Ini Agar Terhindar Dari Not Responding Saat Design Dengan Corel Draw

Company ProfileDaftar Harga

Kesal dan muak rasanya kalau sudah muncul pesan NOT RESPONDING sudah capek-capek design berjam-jam semua hilang. Bagi sobat yang ingin mengetahui seluk-beluk not responding silakan baca disini Apalagi kita design disamping konsumen yang setiap hari saya alami, malu iya, perasaan tidak enak iya, campur aduk lah pokoknya.

Lakukan Cara Ini Agar Terhindar Dari Not Respongding Saat Design Dengan Corel Draw

“Ada Backup Kok?”

Emang ada, tapi yang dibackupnya malah yang bukan kita design, benar gak?

Jadi dari pengalaman inilah saya buat tutorial mengenai monster Not Responding. Dari judul artikel diatas sudah diperjelas ya. Ini hanya menghindari bukan menghilangkan. Selama saya lakukan cara ini alhamdulillah sudah jarang sekali ketemu monster Not Responding tapi pernah juga masih ketemu tapi tidak sesering sebelum-sebelumnya.

Not Responding muncul karena kita design dengan ukuran gambar yang sangat besar, seperti mendesign Banner yang ukurannya 3×1 Meter atau 5×2 Meter dan sebagainya Dan Not Responding sering muncul juga saat kita import file format .EPS kalau lupa save, ya sudah alamat tidak sempat simpan design kita.

Cara yang saya lakukan menghindari Not Responding adalah sebagai berikut baca sampai habis ya sobat :

Gunakan Skala Saat Design Banner Ukuran Besar

  • Sebagai contoh sobat akan mendesign banner menggunakan ukuran 3 Meter X 2 Meter, yang artinya 200cm x 300cm.
  • Jangan pernah design dengan ukuran yang sebenarnya, maksudnya kalau sobat design banner ukuran 200cm x 300cm maka gunakan skala yaitu 20cm x 30cm.

“Pecah Donk Hasilnya?”

Ya enggak lah karena kalau banner untuk mencetaknya menggunakan format JPG bukan format corel draw. ( Sepengalaman saya )

Nah sekarang apabila sobat selesai design dengan ukuran 20cmx30cm maka saat export sobat tinggal ubah ukurannya jadi 200cm x 300cm contoh seperti gambar dibawah ini :

Contoh saya buat banner ukuran 200cmx300cm tapi saya gunakan skala 20cmx30cm :

Lakukan Cara Ini Agar Terhindar Dari Not Respongding Saat Design Dengan Corel Draw
Ini yang saya katakan diawal ubah ukuran asli saat export JPG nya :
Lakukan Cara Ini Agar Terhindar Dari Not Respongding Saat Design Dengan Corel Draw
Dari data export diatas silakan ganti ukuran Widht jadi 200cm dan Height 300cm serta resolusi 72.
Dengan ukuran dan resolusi segitu gambar tidak akan pecah karena sobat buat dengan ukuran sebenarnya.
ini adalah gambar hasil export tadi dengan ukuran 200cmx300cm saya upload lewat google drive Gambar Hasil Export

Save As Format AI Atau Format SVG

Maksudnya apabila sobat download file diinternet dengan format EPS langsung import ke corel draw biasanya langsung not responding, dan ini sering saya alami.

Saya akalin saya Open terlebih dahulu format EPS nya lewat Adobe Illustrator kemudian saya save as lewat SVG atau format AI lalu baru saya buka lewat corel draw Insya Allah tidak not responding.

Jangan Membuka Aplikasi Terlalu Banyak

Ini juga salah satu penyebab dari munculnya not responding. Jadi kalau sobat sedang membuka corel draw sebisa mungkin jangan membuka Adobe Photoshop, adobe illustrator atau aplikasi berat lainnya. Karena PC/Laptop akan lebih berkerja lebih keras apabila membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Apalagi bagi sobat yang punya spek komputer minim seperti saya hahahahahah, tentu ini sangat menjadi kendala.  Jadi usahakan kalau mau design cukup satu aplikasi saja.

Kurangi Tampilan Dekstop Yang Berlebihan

Lakukan Cara Ini Agar Terhindar Dari Not Respongding Saat Design Dengan Corel Draw
Perlu juga sobat kurangi pernak-pernik pada menu dekstop sobat.  Karena untuk menampilkan menu dan widget-wdget yang seperti tampak diatas komputer/laptop harus loading terlebih dahulu.
Jadi untuk meminimalisir terjadinya not responding sebaiknya sobat hapus beberapa yang tidak penting. Karena menurut saya memperbanyak tampilan dekstop tidak begitu penting bagi seorang designer.

Save Saat Design Setiap 5 Menit

Kalau sobat design vector atau design yang sudah banyak menghabiskan waktu, sebaiknya sobat save setiap 5 menit atau 10 menit. Jadi apabila not responding sobat tidak kehilangan design sobat, karena setiap 5 Menit  sobat menyimpannya. Namun cara ini kendalanya sering terlupa, karena terlalu asyik design jadi kelupaan, pas muncul monsternya baru ingat. Hadeh…

Setting Auto Save Setiap 5 Menit

Nah saya dapat tips dari teman kita digroup komunitas corel draw, yaitu Tommy Wijaya. Tips yang diberikan beliau adalah mensetting auto save nya berdasarkan waktu, caranya sebagai berikut :

Pilih Tool lalu pilih Option :

 

Lakukan Cara Ini Agar Terhindar Dari Not Respongding Saat Design Dengan Corel Draw
Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Dari screenshoot diatas silakan pilih save kemudian centang Back Up Every lalu atur sesuai keinginan berapa menit sekali corel draw akan menyimpan design kita.
Menurut saya cara ini lebih efektif karena sobat tidak akan khawatir apabila terjadi not responding secara tiba-tiba. Dari cara diatas saya selalu menggunakannya alhamdulillah jarang sekali yang namanya not responding, jadi dari pengalaman inilah saya bagikan kepada sobat.
Agar sobat bisa melakukan hal yang sama. Sebetulnya masih banyak cara yang bisa untuk menghindari not responding nanti Insya Allah saya update.  Oke mungkin dari sobat yang lain bisa menambahkan problem atau solusi agar bisa kita selesaikan bersama silakan tulis diform komentar. Terima Kasih

CETAK ONLINE SURABAYA

Percetakan Surabaya - CV Padmasolutindo
Jl. Medayu Utara V / 86 Surabaya - Jawa Timur
Email : bukaprint@gmail.com

Produk Percetakan

Cetak Nota, Cetak Kop Surat, Cetak Katalog, Cetak Company Profile, Buku Yasin, Buku Doa, Cetak Agenda, Cetak Paperbag, Cetak Buku Kenangan, Buku Tahunan Sekolah, Yearbook, Paket Seminar KIT

One Comment
  1. John Darer
    March 12, 2019
    Reply

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *